Jalur Pendakian Gunung Ciremai Jawa Barat - Akomodasi dan Harga Tiket

Doc Pribadi : Sunrise Puncak Ciremai
Ciremai- Sebuah gunung yang letaknya di jawa barat, tepatnya terdapat di antara 3 kabupaten yaitu majalengka, kuningan, dan cirebon. gunung ini lumayan tinggi yaitu 3078 Mdpl. Ketika ingin melakukan pendakian ke gunung ini terdapaat 2 jalur pendakian resmi yang dapat kalian pilih, pertama adalah jalur pendakian apuy, dan kedua jalur pendakian lingar jati (palutungan). kedua jalur ini nantinya akan bertemu di antara pos 5-6 jalur pendakian apuy.

Sedikit berbagi, gue udah hampir 5 kali naik gunung ini dan alhamdulillah pulang pergi tanpa ada masalahsedikitpun, dari ke 5 kali pendakian yang pernah gue alami ada 2 pendakian yang menurut gue gagal, kenapa gagal? karena pas udah kepuncak kebagian kabut tebal disertai dengan angin kencang, hal ini membuat gue gk bisa nikmatin pemandangan dari puncak, dan akhirnya tidak dapet photo satupun karena cuaca buruk itu, mungkin sampai disini intermezonya kita lanjut ke tahap selanjutnya.

Doc Pribadi : Puncak Ciremai


Jalur Pendakian

Jalur pendakian yang gue saranin adalah jalur pendakian apuy, yitu terletak di desa apuy, maja, majalengka, jawa barat. untuk mencapai lokasi ini kalian dapat menempuh jalur majalengka kuningan, jika kalian menggunakan kendaraan umum kalian dapat berhentidi terminal maja. dari terminal maja kalian bisa naik mobil kolbak (orang sekitar bilangnya mobil kolbak) sampai apuy (untuk tarif kolbak nanti di bawah). jika kalian membawa kendaraan pribadi kalian bisa langsung buka google maps, dan cari jalur pendakian apuy, untuk kendaraan roda empat harus hati-hati karena ruas badan jalan hampir sama dengan mobil, sedangkan untuk pengguna roda dua hati-hati juga karena jalan menuju apuy banyak tanjakan curam yang cukup berbahaya.

Jalur pendakian apuy memiliki 6 pos dan puncak, dari tiap pos memiliki jarak dan waktu tempuh  yang bervariasi. kalo gue itung-itung waktu yang di perlukan untuk sampai di puncak itu kisaran 8 jam ( waktu normal) kadang bisa lebih cepet, kadang juga bisa lebih lama, jika kalian membawa perempuan.

Pos pertama / Pos pendaftaran (Jalur apuy) :

Doc Pribadi : Pos Pendafatran
Dari desa apuy kalian dapat berjalan kaki atau membawa kendaraan sampai ke pos pertama atau pos pendaftaran, jalan dari desa menuju pos pertama agak kurang bagus jadi ketika membawa kendaraan kalian harus hati-hati. pada pos pertama banyak lahan parkir untuk kendaraan roda dua (Tarif parkir dapat dilihat di bawah) pada pos pertama masih terdapat warung, jadi kalian masih bisa minum kopi ditemani gorengan. 

Pos Kedua :

Doc Pribadi : Pos Kedua

Jarak dari pos pertama ke pos kedua sekitar 1 jam perjalanan, di tegah perjalanan kalian akan menemukan pos satu bayangan yang berbentuk bangunan. jalan disini masih bisa dilalui oleh motor trail. sebenernya jalan anatar pos 1 & 2 ini merupakan kawasan hutan, jadi kalian harus hati-hati, terkadang jika beruntung kalian bisa menemukan hewan primata.   

Pos Ketiga :

Doc Pribadi : Pos Ketiga

Pos ketiga masih sama seperti pos kedua, dimana kalian masih berada di dalam hutan. waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke pos tiga, 2 jam perjalanan dari pos dua. pada pos ini kalian tidak disarankan untuk mendirikan tenda karena masih berada di lingkungan hutan.

Pos Keempat : 

Doc Pribadi : Pos Keempat

pada pos ke empat suasana masih sama dengan pos 1, 2, & 3. berloksi di tengah hutan. jalan yang ada disini berupa jalanan tanah dan bebatuan yang menanjak. dibutuhkan waktu sekitar 1 jam setengah dari pos 3 untuk mencapai ke pos 4. Di pos ini kalian bisa mendirikan tenda karena tempatnya yang cukup luas, dan tidak terlalu jauh dari puncak, tidak banyak sih yang mendirikan tenda disini tapi ya tetap ada.

Pos Kelima :

Pos kelima merupakan ujung dari hutan yang dilalui dalam pendakian gunung ciremai, di pos lima biasanya para pendaki lain banyak yang mendirikan tenda dan bermalam disini, kebanyakan pendaki memilih pos lima untuk mendirikan tenda tidak lain karena disini merupakan ujung hutan dan pos ini merupakan tempat terakhir yang diperbolehkan untuk mendirikan tenda, karena di pos enam di larang mendirikan tenda.

Pos Keenam :

Posisi pos enam yang berada di tebing menjadikan pos ini dilarang untuk mendirikan tenda, ditakutkan tenda yang berdiri terkena terjangan angin kencang (cuaca disini setiap malam selalu di terjang angin kencang dan kabut tebal). Pos enam yang lebih dikenal juga dengan goa walet, dulunya banyak yang mendirikan di goa ini, karena cuaca yang buruk dan demi keselamatan pendaki juga akhirnya Pengurus TNGC (Taman Nasional Gunung Ciremai) melarang untuk mendirikan tenda di goa walet dan disekitaran pos enam. 

Puncak Ciremai 3078 Mdpl

Semua lelah, semua rasa haus tergantikan ketika kalian mencapai puncak gunung ini. dari puncak sini kalian dapat melihat bunga edelweis bermekaran, samudera awan yang sangat indah, jika beruntung kalian dapat melihat puncak gunung cikurai garut.

 Doc Pribadi : Puncak Ciremai 3078 Mdpl
Doc Pribadi : Puncak Ciremai 3078 Mdpl

 Doc Pribadi : Puncak Ciremai 3078 Mdpl
Doc Pribadi : Puncak Ciremai 3078 Mdpl

 Doc Pribadi : Puncak Ciremai 3078 Mdpl
Doc Pribadi : Puncak Ciremai 3078 Mdpl

 Doc Pribadi : Puncak Ciremai 3078 Mdpl
Doc Pribadi : Puncak Ciremai 3078 Mdpl
Disini kalian bisa bebas berphoto sepuasnya, tentunya dalam mengambil photo kalian harus sangat hati-hati karena pinggir kalian semuanya adalah tebing yang sangat curam dan tentunya jika kalian terjatuh mungkin nyawa teman-teman pendaki bisa melayang. saya sarankan dipuncak dari jam 6 sampai jam 9, karena semakin siang panas matahari semakin terasa panas.

Harga tiket & Biaya parkir

Harga Tiket : Harga tiket masuk untuk pendaki sebesar Rp. 50.000 / orang. fasilitas yang didapat adalah, plastik untuk sampah, sertifikat, kupon makan ketika pulang, dan sudah termasuk juga asuransi. 
Biaya Parkir : Rp. 5.000 / hari untuk kendaraan roda dua. dan untuk mobil tentunya bisa lebih dari ini.

Penutup

Pastikan perlengkapan kalian benar-benar lengkap jika ingin mendaki gunung ini, dan bawa juga air yang banyak karena kalian tidak akan menemukan air di perjalanan. Patuhi norma yang ada jangan sembarangan membuang sampah karena itu dapat mengotori lingkungan, oh iya sisa api unggun tolong dipadamkan kembali, di takutkan jika tidak dipadamkan akan terjadi kebaran hutan. Sampah yang kalian bawa harus dibawa kembali dan di kumpulkan di pos pendaftaran, dipuncak banyak bunga edelweis, please jangan sembarangan memetiknya, jika ingin mengabadikan cukup di photo sajah. oh iya edelweis hanya mekar pada bulan-bulan tertentu.

Jika masih ada yang ingin ditanyakan silahkan isi komentar dibawah ini. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jalur Pendakian Gunung Ciremai Jawa Barat - Akomodasi dan Harga Tiket"

Post a Comment

Mohon Gunakan Bahasa yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel