Cara Membuat Blog di Blogger Terbaru


Blog merupakan tempat seseorang berbagi tulisan di blog, dulu pada tahun 2012 sangat terkenal sekali blog versi ponsel yaitu mywapblob atu lebih disingkat mwb, entah karena pertimbangan apa sang pengembang harus menghapus semua layanannya, dengan dihapusnya Mywapblog otomatis para blogger mulai beralih ke versi yang lebih meyakinkan yaitu blogger (sebuah layanan yang disediakan oleh google untuk para penulis).
Apa sih fungsinya blog? blog berfungsi sebagai tempat sharing, tempat kita menyimpan file-file penting agar ketika file offlinenye terhapus masih ada file daringnya. blog juga bisa dipakai untuk menghasilkan uang, tidak sedikit orang hidup hanya dengan bermodal blog. minimal pendapat blog pemula itu sekitar 1-2 juta perbulan. cukup lumayan bukan. baca juga cara mendapatkan uang dari blog
Sobat berminat untuk membuat blog? disini ada 2 perusahaan yang membuka layanan blog gratis, yang pertama adalah google dengan layanan blog andalannya yaitu blogger dan yang kedua adalah wordpress. pada kesempatan kali ini kita akan bahas satu persatu, tapi mungkin pembahasan kita lebih mengarah pada layanan blog yang disediakan oleh google.

1. Blogger

Blogger ini merupakan layanan blog gratis yang disediakan oleh google, kalian bisa membuatnya secara gratis tanpa harus mengeluarkan uang sedikit pun, berminta mendapatar? simak baik-baik yang cara membuat blog di blogger berikut ini :
  • Langkah Pertama : Ketik blogger pada adress bar, atau juga sobat bisa ketik kata kunci blogger di google search maka akan mucul pada posisi teratas.

  • Langkah Kedua : Jika sobat sudah punya akun google bisa klik masuk dan login mempunyai akun google sobat, jika belum tinggal daftar dulu. Langkah selajutnya adalah klik Buat Blog.


  • Langkah Ketiga : Sobat tentukan nama profil bloggernya (nama ini akan tampil setiap sobat memposting), profil ini bebas sobat isi, mau diisi nama sendiri juga tidak masalah.


  • Langkah Keempat : klik buat blog baru

  • Langkah Kelima : pada langkah ini sobat wajib mengisi :


    Judul Blog : Judul blog merupakan identitas dari blog itu sendiri, sebaiknya tentukan matang- matang untuk Judul blog ini. Atau jika masih bingung sobat bisa isi dengan nama sobat, seperti Diary Aisyah dll.

    Alamat blog : soba bisa mengisi alamat blog ini sesuai yang sobat inginkan.

    Tema : Tema ini merupakan tampilan dasar blog sobat nantinya, sobat bisa memilih tema yang disediakan oleh google, atau juga sobat bisa membeli atau mendowload tema yang disediakan oleh pihak ketiga.

  • Langkah Keenam : Jika pendaftaran berhasil maka akan muncul tampilan seperti ini, untuk selanjutnya sobat tinggal membuat postingan dan seting lain-lain untuk memperindah blog sobat.



Selesai sudah pembuatan blog, sekarang tinggal kita isi blog ini dengan konten-konten yang bermafaat. Untuk memulai membuat postingan sobat dapat klik Entri Baru / New Postingan.


Kemudian akan mucul tampilan seperti ini : 


Akan saya jelaskan secara singkat bagaimana cara menulis sebuah postingan yang baik dan agar terindex google dengan cepat ;
1. Tulisan harus orisinil bukan hasil copas sana sini, apalagi hasil copas yang sudah di protect oleh DMCA itu sangat di larang !
2. Tulis Judul terlebih dahulu.
3. Pada jendelan teks sobat bisa menulis layaknya di MS word.
4. Pada sebelah kanan ada setelan entri, berikut ini adalah fungsi dari setelan entri
  • Label : Nama lain dari label adalah kategori, sobat bisa membuat kategori sendiri untuk tulisan sobat. semisal label Pendidikan dan lain-lain.
  • Jadwal : Disini sobat bisa mengatur kapan tulisan sobat akan di publikasikan.
  • Link : Link sangat berguna dalam ilmu seo, maka dari itu set link sebaik mungkin.
  • Sisanya tinggal di pelajari saja.
5. Jika sudah selesai menulis maka tinggal klik publish untuk mempublikasikan dan klik simpan jika belum ingin di publikasikan.

2. WordPress

Wordpress merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan blog gratis, namun kebanyak dari blogger lebih memilih menggunakan blogger dibandingkan dengan wordpress, alasan yang sederhana karena menggunakan blogger lebih mudah di banding menggunakan wordpress, jika sobat tertarik dengan wordpress akan kita bahas lain waktu, nampaknya postingan saya kali ini sudah terlalu panjang.

Semoga bermafaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Blog di Blogger Terbaru"

Post a Comment

Mohon Gunakan Bahasa yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2