Kerangka Makalah - Judul, Kata pengantar, Daftar Isi, Bab, Pembahasan, Penutup & Daftar Pustaka

Kerangka Makalah merupakan bagian dari makalah yang sering kali orang suka lupa akan urutannya, namun agar teman-teman ingat maka pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaska urutan kerangka makalah, dan untuk mempermudah teman-teman saya juga sudah mempersiapkan file kerangka makalah yang sudah siap untuk digunakan (tinggal mengedit saja).

Urutan kerangka makalah :

  • Bagian Utama (Cover)
    Bagian utama diisi biasanya dengan : judul makalah, jenis tugas, di tujukan untuk siapa, logo kampus atau sekolah, nama pengarang makalah, dan di paling bawah halaman utama diisi dengan nama jurusan, fakultas, dan nama universitas, atau juga bisa diisi dengan nama sekolah kalian, tapi kebanyakan yang membuat makalah itu mahasiswa dan siswa ada sih tapi tidak sebanyak mahasiswa.

  • Bagian Kedua (Kata Pengantar)
    Bagian kedua biasanya diisi dengan kata pengantar, kata pengantar cuku dengan menuliskan ucapan puji, syukur dan ucapan terima kasih kepada pihak yang membantu dalam penulisan makalah.
  • Bagian Ketiga (Daftar Isi)
    Bagian ketiga berisi daftar isi, nah untuk daftar isi bisa menggunakan daftar isi otomatis dan daftar isi manual, namun saya lebih suka menggunakan daftar isi manual ketimbang otomatis.
  • Bagian Keempat (Bab I)
    Bagian keempat adalah Bab I, pada bab I biasanya tersusun atas latar belakang masalah yang sedang kita kaji dan rumusan masalah yang akan kita pecahkan dengan makalah ini.
  • Bagian Kelima (Bab II)
    Pada bab II biasanya diisi dengan pembahasan dan jawaban tentang apa yang kira rumuskan di bab I tadi, pembahasan disini terdiri dari kutipan dari buku, pendapat sendiri, dan juga pendapat orang lain.

  • Bagian Keenam (Penutup)
    Penulisan makalah tidak lengkap jika tidak ada bab penutup, biasanya para penulis makalah ini merendahkan diri dengan meminta kritik dan saran kepada pembaca agar bisa mengembangkan tulisannya dengan baik.
  • Bagian Ketujuh (Daftar Pustaka)
    Daftar pustaka adalah bagian paling penting dari makalah, makalah akan di akui jika kita mencantumkan sumber rujukan dari buku-buku yang telah membantu kita dalam menyelesaikan makalah yang di buat, ingat hargai pemikiran orang lain dengan mencantumkannya di daptar pustaka.
Bagian-bagian makalah di atasa merupakan bagian secara garis besar, jika dirinci kalian juga harus menuliskan footnote/catatan kaki, dan lain-lain. Pembahasan kali ini cukup sampai disini, silahkan bagi yang ingin dowload file kerangka makala doc, bisa download melalui link di bawah ini. 


Thanks"


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kerangka Makalah - Judul, Kata pengantar, Daftar Isi, Bab, Pembahasan, Penutup & Daftar Pustaka"

Post a Comment

Mohon Gunakan Bahasa yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel