Cara Mentakhrij Hadis Dengan Mudah - Takhrij Hadis Dengan Aplikasi HaditsSoft



HaditsSoft - Aplikasi ini mungkin sedikit kurang populer dikalangan umum, dan mungkin hanya diketahui oleh beberapa kalangan saja yang tahu. setelah saya teliti dan ternyata ada beberapa alasan kenapa aplikasi ini tidak sepopuler aplikasi ensiklopedia 9 hadits. Penasaran apa alasannya? nanti saya bahas di lain waktu, karena pada postingan saya kali ini hanya akan membahas fitur super wow yang dimiliki aplikasi ini, sayapun sampai tercengang sekaligus sangat kagum terhadap orang yang membuat aplikasi ini.

Kegunaan Aplikasi dan Mafaatnya :

Aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk sedikit mentahrij sebuah hadis (mencari biografi, komentar ulama, hadis yang sama di 10 kitab hadis dll), kenapa saya katakan sedikit? Karena masih banyak kekurangan dalam isinya. Mungkin teman-teman pecinta hadis bisa tau perihal yang saya tulis ini ketika membuka aplikasinya. Aplikasi ini wajib di pasang !

Fitur Aplikasi

fitur aplikasi lumayan lengkap, namun saya akan bahas 10 fitur pokok yang ada di dalam aplikasi ini, saya akan bagi kedalam 2 bagian yaitu menu sisi kanan dan menu sisi kiri, simak baik-baik :

Menu sisi kiri :
Pada menu ini terdapat 5 fitur penting yaitu :

1. Daftar buku hadis : Total ada 10 buku hadis

2. Hadis berdasarkan kedudukan : dalam hal ini hadis-hadis dari 10 kitab di bagi berdasarkan kedudukannya.

3. Hadis berdasarkan tema : Pada menu ini kalian bisa menemukan hadis-hadis yang di kelompokan berdasarkan tema, seperti ilmu pengetahuan.

4. Bookmark : Fungsinya tidak jauh beda seperti bookmark di browser hp.


5. Pencarian Hadis : kalian bisa mencari hadis, baik yang dicari terjemahnya atau bahasa arab.

Menu sisi kanan :
Pada menu ini terdapat 5 fitur penting, diantaranya :

1. Daftar hadis : Fitur ini menampilkan list hadis dari kitab yang sedang kita buka


2. Sanad hadis : Pada bagian ini kalian akan menemukan perawi hadis yang sudah tertata rapi, untuk mengetahui biografinya cukup klik nama yang tersedia, maka otomatis akan mucul biografi rawi tersebut, termasuk didalamnya ada komentar para ulama.


3. Hadis serupa : Fitur ini memunculkan hadis-hadis yang serupa dengan yang sedang kita baca. 

4. Pencarian rawi : Fitur ini digunakan untuk mecari rawi.



5. Laporkan perbaikan : Ini adalah fitur untuk kita melaporkan ada kesalahan dalam penulisan hadis, kesalahan rawi dan kesalahan-kesalahan lainnya.

Penting !
Aplikasi ini adalah versi 4.0.0 yang terahir diperbaharui pada tahun 2016, dalam aplikasi ini masih banyak rawi yang belum di tulis biografinya, untuk meminimalisir kesalahan dalam penahrijan hadis alangkah baiknya teman-teman tetap mengunakan methode yang biasa teman-teman gunakan. Kabar gembira, menurut penerbit aplikasi HaditsSoft ini beliau mengatakan akan melajutkan pengerjaan aplikasi ini, penasaran dengan versi lanjutannya? Saya kira sesi ini sudah lumayan panjang jadi untuk versi terbaru akan saya bahas pada sesi lain, untuk mendowload aplikasi ini tinggal klik link dowload di bawah ini: 


Terima kasih, semoga bermanfaat, jika ada tulisan saya yang salah jangan lupa beritahu saya dengan menyebutnya di kolom komentar. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mentakhrij Hadis Dengan Mudah - Takhrij Hadis Dengan Aplikasi HaditsSoft "

Post a Comment

Mohon Gunakan Bahasa yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel