Biaya Hidup & Biaya Kuliah di UIN Bandung

Biaya Hidup & Biaya Kuliah di UIN Bandung

Biaya Hidup - Biaya hidup di kota-kota besar cukup menguras kantong jika tidak diperhitungkan dengan matang, bagi kalia calon-calon mahasiswa, saya tau yang nyari informasi ini pasti pengen kuliah di bandung/sebentar lagi kuliah di bandung dan ingin tau berapa sih biaya hidup di bandung itu? penasaran nih? kalo penasaran kita langsung ke intinya ajah yah.

Sebagaimana kita ketahui bandung merupakan kota besar, dan juga banyak universitas terkemuka yang berada di bandung, contohnya UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UNPAD, ITB, UPI dan masih banyak lagi. Banyak mungkin yang dari kalian berasal dari luar kota, kalian pengen tau besaran biaya hidup di bandung kan? biaya disini meliputi biaya tinggal, makan, dan transport, oleh karena itu simak baik-baik yah.

1. Biaya Tempat Tinggal

Tempat tinggal untuk mahasiswa luar kota yang kuliah di bandung ada 2 type yaitu kos dan asrama. 
  • Kos-Kosan : Harga kos dibandung beragam mulai dari 350K s.d 800K / Bulan, harga kos ini tergantung fasilitas yang ada didalamnya, semakin lengkap fasilitasnya maka semakin mahal harganya.
    Kelebihan : Sendiri, Bisa tidur dengan nyaman.
    Kekurangan : Harga Relatif Mahal, dan juga tidak akan mempunyai banyak kenalan.
  • Asrama : Asrama biasanya dari segi harga relatif lebih murah, mulai dari 100K/bulan s.d 200K/bulan (sudah termasuk biaya listrik dan air).
    Kelebihan : Murah, Dapat banyak temen, dan juga terjaga dari pergaulan bebas mahasiswa, bisa nebeng ke temen yang bawa motor. dll
    Kekurangan : Berdempetan dengan yang lain (saling berbagi tempat karena biasanya asrama itu satu kamar lebih dari 5 orang).

2. Biaya Makan

Makan merupakan sesuatu kebutuhan yang sangat penting, dengan makan kondisi kesehatan kita bisa terjaga dan nutrisi otakpun tercukupi. Orang-orang kadang sering pilih-pilih makanan, kadang ada yang suka dengan menu mewah dan kadang juga ada yang cukup dengan ikan asin. Ada dua type orang untuk mencukupi kebutuhan makanannya :

  • Memasak sendiri : Memasak sendiri mungkin akan mengeluarkan modal besar di awal, karena harus membeli perlengkapan masak, tapi seterusnya kalian hanya mengeluarkan modal kecil untuk makan.
    Keuntungan : Hemat uang, dan jago memasak.
    Kekurangan : Menghabiskan waktu, repot,
  • Beli makanan di warteg : Warteg  dikota bandung itu relatif tergantung dari menu yang kita pesan, Contoh : Nasi + Telor + Mustofa = Rp. 8.000 (porsi murah, nasi gk terlalu banyak), tapi rata-rata untuk sekali makan itu kisaran Rp. 10.000.
    Keuntungan : Cepat, Hemat waktu.
    Kekurangan : Boros,

3. Biaya Transport

Selain biaya tempat tinggal dan biaya hidup juga kalian harus memperhitungkan biaya transport juga, media transport di bandung ada beberapa macam :
  • Damri :Jauh dekat cuman bayar Rp. 6.000
  • KRD : Kereta Bandung Raya jauh dekat cuman bayar Rp. 5.000,.
  • Angkot : Harga Relatif tergantung jarak
  • Grab : Harga tergantung rute.
  • Gojek : Harga tergantung rute.

4. Simulasi Biaya Hidup

  • Makan Sebulan :1 Hari : Makan 3x Sehari = Rp. 10.000 x 3 = Rp. 30.000
    1 Bulan : Rp. 30.000 x 30 = Rp. 900.000
  • Tempat Tinggal :Arama : Rp. 150.000 / Bulan
    Kosan : Rp. 500.000 / Bulan
  • Transport :Anggarkan Rp. 300.000
  • Total biaya jika ngekos Makan : Rp. 900.000
    Kosan : Rp. 500.000
    Transport : Rp. 300.000
    Total = Rp. 1.700.000
  • Total biaya jika di asrama
    Makan : Rp. 900.000 (bisa kurang)
    Kosan : Rp. 150.000
    Transport : Rp. 150.000
    Total = Rp. 1.200.000

Sebenarnya jika gaya hidup kalian sederhana, dengan uang Rp. 500.000 s.d Rp. 900.000, kalian sudah bisa hidup di bandung, intinya jangan hedon dan terbawa pergaulan, jika kalian terbawa pergaulan dan hedon-hedon saya yakin uang kalian akan cepat habis, maka dari itu pintar-pintar lah mengelola uang. Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Biaya Hidup & Biaya Kuliah di UIN Bandung"

Post a Comment

Mohon Gunakan Bahasa yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel