5 Cara Sukses Berjualan Online - Sukses Berbisnis Online

5 Cara Sukses Berjualan Online - Sukses Berbisnis Online

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat manusia semakin mudah dalam melakukan semua kegitannya, salahsatu yang paling berdapak bagi kehidupan adalah system ekonomi (jual-beli) yang kini berubah menjadi online, hampir semua transaksi jual beli pada saat ini dilakukan secara online, dari mulai popok, mie instan, baju, sepatu, kaoskaki, hp, dan kabel data semuanya di jual online dengan harga yang sangat berbeda jauh dengan harga pasar offline, hal ini tentunya memiliki dampak negatif dan positif, dimana dampak negatifnya adalah perdagangan offline kini mulai sepi pengunjung, seperti mall-mall sudah sepi pengunjung, omset penjualan mereka menurun drastis, dan dari sisi positifnya adalah dengan adanya jual beli secara online ini, siapa  saja dapat memulai usahanya sendiri, dapat membuka toko online dengan mudah, tanpa perlu banyak modal yang dikeluarkan.

Berjualan online kini semakin mudah dan menguntungkan, hanya dengan sekali posting kini barang/produk anda sudah masuk kepasar online Indonesia, dimana semua orang dapat melihat produk anda. Banyak orang tidak menyadari bahwa berjualan online itu membutuhkan pengetahuan yang matang, untuk menambah pengetahuan anda agar bisa sukses berbisnis online, saya punya cara yang sudah saya terapkan. Anda ingin tahu? Inilah 5 Cara Sukses berjualan online :

1. Menyiapkan Brand Toko Anda

    Memutuskan untuk membuka toko online adalah awal kesuksesan anda dalam bisnis online, namun jangan terburu-buru langsung membuka toko, tapi anda juga harus menyiapkan beberapa hal, diantaranya sebuah nama untuk toko anda dan nama untuk produk anda. Nama toko dan nama Produk sangat berpengaruh terhadap penjualan, Ketika nama brand sudah mendapatkan kepercayaan konsumen maka nama brand akan melambung dan terkenal, Ketika nama brand sudah terkenal berapapun harga dari produk brand anda pasti akan laku terjual. Sebagai contoh bisa kita lihat brand-brang yang sudah besar seperti Eiger, Consina, Apple, Samsung, dan Philips. Harga-harga produk mereka terbilang mahal, tapi anda dapat lihat seberapapun mahalnya pasti selalu terjual habis. Disinilah kekuatan nama sangat berpengaruh. Jadi buatlah nama toko dan nama produk yang memiliki filosofi serta tidak asal-asalan dalam membuatnya. Ingat nama adalah do’a dan senjata anda untuk memasuki dunia bisnis online.

2. Membuat dan Menyediakan barang

    Sudah memikirkan nama toko? Anda juga harus memikirkan barang/produk anda. Anda harus membuat/menyediakan produk yang memiliki kualitas bagus dan dibutuhkan pasar, jika anda belum bisa membuat produknya sendiri, anda bisa membeli produk yang ingin anda pasarkan melalui agen-agen, setelah membeli lalu anda bisa menaruh merek anda pada barang terebut (Rebranding). Ketika anda membeli ke agen-agen anda harus banyak bertanya, semisal bahan apa yang digunakan, kualitasnya seperti apa dll, hal ini akan menambah pengetahuan anda tentang sebuah produk. Jika anda sudah mampu membuat produk sendiri, buatlah produk yang memiliki kualitas bagus, dari bahan terbaik, dan memiliki harga terbaik.

    Sebagai contoh kita bisa lihat produk yang dikeluarkan oleh perusahaan besar seperti Apple, perusahaan ini mengeluarkan produk yang berkualitas, serta harga terbaik, terbukti produk mereka selalu laris terjual. Hal ini terjadi karena kualitas dan konsistensi mereka dalam mempertahankan kualitas, akhirnya dengan kualitas mereka mampu mendapatkan hati konsumen.

    Barang/produk merupakan objek yang sangat fatal dalam bisnis online, dimana jika anda membuat kecacatan dalam produk, maka hal itu akan menghancurkan brand anda. Ingat barang/produk adalah salahsatu kunci yang akan mengantarkan anda sukses berbisnis online.

3. Membuka Toko Online dengan Bergabung di Marketplace

    Membuka toko online adalah tahap ketiga dari rancangan agar anda sukses berbisnis online setelah anda mebuat nama, logo dan produk. Membuka toko online ada dua tahap, yaitu tahap pertama membuka toko online dengan bergabung di marketplace seperti bukalapak, Tokopedia, shopee, Lazada dan blibli. Tahap kedua adalah membuat website anda sendiri  dengan domain dan hosting anda sendiri, tahap kedua dilakukan jika tahap pertama sukses besar lebih jelasnya akan saya bahas pada point empat.

    Pada pembahasan kali ini kita akan fokus membahas tentang membuka toko online di marketplace. Semua marketplace fungsinya sama yaitu untuk transaksi jual-beli barang dan jasa. Namun setiap marketplace memiliki karakteristik yang berbeda, seperti bukalapak berbeda dengan shopee maupun Tokopedia, saya tidak akan bahas semua, namun hanya satu saja, yaitu Shopee.

Langkah pertama membuka toko online di shopee anda harus mempunyai akun terlebih dahulu dengan mendaftar sebagai member.

Langkah kedua isi profil : Tambahkan logo toko, tambahkan header toko, lalu isi alamat pengiriman, isi nomor rekening untuk penarikan, lalu verifikasi KTP. (isi data yang dibutuhkan selengkap mungkin jangan sampai ada yang keliru)

Langkah ketiga upload barang : Mengupload barang kedengarannya mudah, namun pada prakteknya itu lumayan sulit, ada beberpa hal yang harus kalian perhatika saat mengupload barang, diantaranya :

-    Foto : foto barang harus asli.

-    Deskripsi : Isi deskripsi dengan lengkap, jangan menaruh nomor telepon di deskripsi, karena akan membuat anda di blokir dari shopee

-    Hastag : Isi pada kolom deskripsi dengan hastag, semisal jika barang anda baju maka buat hastag #Baju, #fashion dll. Kenapa harus pakai hastag?  karena hastag akan memudahkan robot dalam mengindex produk anda.

-   Berat : perhatikan dalam menginput jumlah berat barang, timbang dulu barang anda dan jangan asal menebak beratnya, hal ini akan berpengaruh pada ongkos kirim dan kepuasan pembeli.

-     Lengkapi kolom yang ada : Selanjutnya anda bisa melengkapi kolom-kolom lain, seperti stok, harga, varian, kategori, dll.

Langkah keempat Mempromosikan barang anda : Anda dapat menggunakan fitur promosi yang ada di Shopee agar produk anda tampil di permukaan pencarian shopee.

Jika anda sudah merasa sukses satu marketplace (produk anda terjual laris dan mendapat tempat dihati konsumen), tahap selanjutnya bukalah toko online di marketplace lain, ini bertujuan untuk memperluas sayap bisnis online anda.

4. Membuat website bisnis anda sendiri

Mendirikan perusahaan dan Membuat website bisnis sendiri adalah idaman para pebisnis, dengan adanya website  anda akan sangat di untungkan. Banyak dari anda semua yang sudah merancang ingin membuat website sendiri, namun terkadang bingung harus mulai dari mana, mulailah dari sekarang, dibawah ini ada hal-hal yang harus anda siapkan Ketika ingin membuat website.

Hal-hal yang harus disiapkan untuk membuat website bisnis anda sendiri :

Hosting : Mungkin Sebagian dari anda masih asing dengan kata hosting, namun untuk mempermudah pemahaman kita anggap hosting adalah rumah, dimana hosting ini berfungsi menyimpan data website kita, anda bisa beli hosting dibeberapa penyedia layanan hosting, salahsatunya adalah MasterWeb. MasterWeb merupakan salahsatu tempat beli hosting murah Indonesia.

Domain : Supaya website anda bisa dikunjungi banyak orang maka diperlukanlah domain, domain berfungsi sebagai alamat, agar orang menemukan website anda maka anda butuh domain. Contoh domain : dodiinsankamil.id, MasterWeb.com, dan masih banyak lagi.

Menjalankan sebuah website memang cukup berat, ditambah lagi kalian harus punya hosting bisnis. Kalian harus memilih hosting bisnis terbaik agar website anda tetap online dan tidak down Ketika kedatangan banyak pengunjung. Hosting dan domain merupakan inti dari berdirinya sebuah website bisnis, maka dari itu carilah penyedia hosting yang menawarkan hosting bisnis terbaik.

5. Ambil Kepercayaan Konsumen

Kunci dan hal yang paling berharga dalam dunia bisnis adalah kepercayaan, ingat kepercayaan. maka dari itu bangunlah sebuah kepercayaan terhadap konsumen maupun rekan bisnis anda. Manusia itu memang unik, sebuah riset mengatakan bahwa manusia akan sering mengunjungi orang/jasa/apapun yang menurut mereka terpercaya.

Akhir kata

Mulailah dari sekarang, perubahan tidak pernah terjadi kalo anda belum memulai. Bisnis itu bukan bicara tentang bagaimana mendapatkan keuntungan saja, tapi berbicara bagaimana mendapatkan kepercayaan juga. Yakinlah bahwa kepercayaan akan memberi keuntungan materi yang sangat besar untuk anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Sukses Berjualan Online - Sukses Berbisnis Online"

Post a Comment

please use good language, if there is an active link in the comment will be deleted.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel