Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Website atau Marketplace? Apakah Keduanya Sinergi?

Pilih Website atau Marketplace? Apakah Keduanya Sinergi?
Image : fastwork.id

Indonesia beberapa waktu lalu sudah memasuki era revolusi indrustri 4.0, dimana masyarakat Indonesia harus mampu bersaing di era serba digital seperti ini. Revolusi industri 4.0 ini membawa dampak postif dan negatif bagi transaksi jual beli, dampak postifnya adalah transaksi dapat dilakukan dengan mudah seperti belanja online, sedangkan dampak negatifnya banyak toko offline yang mengalami kemunduran, contohnya seperti mall-mall yang kini mulai sepi peminat.

Banyak orang lebih memelih marketplace sebagai tempat mereka berjualan, tapi tidak sedikit juga yang mempunyai website sendiri. Sebenarnya website dan marketplace dapat disinergikan, anda tidak perlu memilih mana yang lebih baik dan mana yang lebih efisien, website dan marketplace sama-sama mempunya kelebihan dan kekurangan yang dapat anda sinergikan..


Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?

Marketplace

Marketplace ialah sebuah platform online yang memiliki fungsi sebagai tempat transaksi jual beli secara online, contohnya bukalapak, Tokopedia, dan shopee.

Keuntungan : Gratis tinggal daftar dan upload barang maka produk akan mudah ditemukan konsumen.

Kekurangan : Produk anda tidak akan selalu tampil diatas, karena setiap hari ada seribu bahkan lebih produk baru yang di upload pada marketplace tersebut. Ketergantungan terhadap marketplace juga dapat membuat brand anda seakan tidak memiliki jiwa, artinya brand anda tidak akan mendapatkan tempat dan nilai di hati pelanggan.
Bergabung dengan marketplace menurut saya cocok bagi anda yang hanya ingin berjualan saja, karena dilihat dari fungsinya marketplace itu tempat jual beli secara online, bukan tempat untuk menaikan nilai brand anda.


Website

Anda sudah punya toko di marketplace? Kalo sudah pembahasan ini akan membantu anda menaikan nilai brand anda.

Memiliki website sendiri merupakan hal yang akan menambah nilai brand anda, website mampu menaikan harga barang anda dan juga website mampu membuat brand anda menjadi hidup. Apakah sebegitu pengaruhnya website terhadap status brand ? Jawabanya: Ya !, website sangat berperan penting dalam hal ini.


Cara membuat website sendiri


Apa saja yang anda butuhkan ?

Dalam membuat website anda hanya membutuhkan domain dan hosting. Sebelum anda memutuskan untuk membangun website, mari kita bahas sedikit tentang domain dan hosting.


Apa itu Domain?

Domain dapat diartikan sebuah alamat untuk website anda, semisal contoh domain : Facebook.com, Dodiinsankamil.id.


Apa itu Hosting?

Hosting dapat diartikan sebuah tempat untuk menyimpan data anda, atau dapat kita gambarkan sebagai rumah untuk tempat tinggal anda.

Jadi domain dan hosting itu tidak bisa dipisahkan, tapi yang paling penting yang harus anda miliki terlebih dahulu adalah domain. Kenapa harus domain? Domain setiap hari semakin habis sedangkan hosting bisa anda beli kapan saja. Domain bukan habis dimakan, tapi habis dibeli orang, misal domain dilapak.com sudah di beli oleh saya, lalu anda ingin membeli yang sama yaitu dilapak.com, tentu tidak bisa karena domain hanya bisa di daftarkan satu kali. Jadi jika anda ingin membeli domain dilapak.com maka anda harus menghubungi pemilik domain tersebut, tentunya harga yang di tawarkanpun sangat tinggi. Maka dari itu segeralah pikirkan nama untuk domain untuk brand anda.

Sebenarnya jika anda sudah punya domain, anda bisa melakukan domain redirect ke alamat marketplafce anda loh, apa itu domain redirect? domain redirect artinya mengalihkan alamat domain anda ke sebuah URL tertentu termasuk ke alamat marketplace anda. Contoh domain redirect : saya melakukan domain redirect dodiinsankamil.blogspot.com ke dodiinsankamil.id, jadi setiap orang yang mengunjungi  dodiinsankamil.blogspot.com otomatis akan dialihkan ke dodiinsankami.id. perihal tatacara domain redirect akan saya tulis dalam kesempatan lain.


Dimana saya harus membeli Hosting dan Domain?

Sebenarnya banyak sekali website penyedia layanan hosting dan domain, dan harganyapun cukup bervariasi, rata-rata untuk domain .com harganya itu Rp. 145.000/tahun atau Rp. 397/hari, cukup murah bukan? Ya!  Sangat murah dan terjangkau sekali.

Sudah anda putuskan untuk membeli domain? Kalo sudah mari kita lanjut ke website penyedia domain dan hosting. Rumahweb.com merupakan salahsatu penyedia domain yang saya rekomendasikan, rumahaweb menyediakan domain murah serta hosting terbaik.


Dari mana anda harus memulai?

Website dan marketplace sebenarnya sangat sinergi, keduanya bisa saling menguntungkan satu sama lain, jika anda tipe orang serius dan tidak mengharapkan keuntungan cepat saya sarankan anda membangun sebuah website, namun jika anda termasuk orang yang ingin memiliki keuntungan sesegera mungkin saya sarankan anda untuk bergabung di marketplace saja. Banyak yang memulai dari website dulu lalu terjun ke marketplace, contohnya perusahaan Nama-indonesia.com. dan tidak sedikit juga yang memulai dari marketplace dulu lalu terjun ke website.


Akhir kata

Anda dapat Memulai dari manapun, namun sebelum memulai anda harus mempunyai strategi dan konsep yang benar-benar matang agar anda tidak pernah mudur dari apa yang anda putuskan saat ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Dodi Insan Kamil
Dodi Insan Kamil "Butuh sebuah keberanian untuk memulai sesuatu, dan butuh jiwa yang kuat untuk menyelesaikannya." - Jessica N.S. Yourko

Post a Comment for "Pilih Website atau Marketplace? Apakah Keduanya Sinergi?"

Hosting Unlimited Indonesia