Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
untan.ac.id

Perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat, peranan teknologi sudah tidak bisa dilepaskan lagi dari kehidupan manusia, hampir setiap saat manusia selalu mengandalkan teknologi. Beberapa waktu lalu perkembangan industri Indonesia sudah masuk kedalam tahap revolusi industry 4.0.

Revolusi industry 4.0 ini sangat berpengaruh terhadap semua sektor, diantaranya adalah sektor pendidikan, banyak sekolah dan perguruan tinggi negeri sekarang sedanga Go-Digital demi mengejar perkembangan teknologi 4.0. Salahsatu perguruan tinggi negeri yang sedang gencar gencarnya Go-Digital adalah UNTAN (Universitas Tanjungpura) dengan slogannya yaitu “ UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University ”.

Ekosistem digital dilingkungan perguruan tinggi negeri sekarang sangat dibutuhkan, pasalnya dengan digital semua bisa di akses dengan mudah, kapan saja dan dimana saja. Contohnya mahasiswa bisa membuat persuratan melalui online, tanpa harus buang-buang waktu untuk pergi kekampus, dosen-dosen bisa mengurus administrasi dengan cepat, dan masih banyak lagi.

Sejarah Singkat UNTAN (Universitas Tanjungpura)

UNTAN (Universitas Tanjungpura) merupakan salahsatu universitas negeri yang beralamat di Jl. Prof.Dr.H.Hadari Nawawi / Jendral Ahmad Yani, Pontianak - Kalimantan Barat (78124). UNTAN berdiri pada 20 mei tahun 1959 dengan nama Universitas Daya Nasional dan pada saat itu masih berstatus swasta. Pada tahun 1963 Universitas Daya nasional berubah status menjadi negeri dengan nama Universitas Negeri Pontianak (UNEP), dua tahun setelahnya (1965) Universitas Negeri Pontianak (UNEP) berubah nama lagi menjadi Uversitas Dwikora, dua tahun kemudian Universitas Dwikora berubah nama lagi menjadi Universitas Tanjungpura (UNTAN) yang dipakai hingga saat ini.

UNTAN terus berkembang dan kini UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University, Saat ini untan memliki 31.509 mahasiswa aktiv, 95 Program Studi, 9 Fakultas, 1011 Tenaga pengajar (Dosen), 33110 Penelitian dan sudah melahirkan 66.008 Lulusan terbaiknya.


Program Studi Diploma UNTAN

No Fakultas Jurusan
1 Pertanian 1. Budidaya Tanaman Perkebunan
2 Ilmu Sosial dan Politik 1. Administrasi Perkantoran
2. Pekerjaan Sosial
3. Kearsipan
4. Kesekretariatan
3 Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan 1. Perpustakaan
 

Program Studi Sarjana UNTAN

No Fakultas Jurusan
1 Hukum 1. Ilmu Hukum
2 Ekonomi dan Bisnis 1. Akuntansi
2. Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
3. Manajemen
4. Ekonomi Islam
3 Pertanian 1. Agribisnis
2. Agronomi
3. Agroteknologi
4. Manajemen Sumberdaya Perairan
5. Ilmu Peternakan
6. Ilmu dan Teknologi Pangan
7. Ilmu Tanah
4 Ilmu Sosial dan Politik 1. Ilmu Administrasi Negara
2. Ilmu Pemerintahan
3. Ilmu Hubungan Internasional
4. Antropologi Sosial
5. Sosiologi
6. Ilmu Politik
7. Ilmu Komunikasi
8. Ilmu Sosiatri
5 Teknik 1. Teknik Arsitektur
2. Teknik Elektro
3. Teknik Industri
4. Teknik Informatika
5. Teknik Lingkungan
6. Teknik Kelautan
7. Teknik Kimia
8. Teknik Mesin
9. Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota
10. Teknik Pertambangan
11. Teknik Sipil
6 Kehutanan 1. Kehutanan
7 Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan 1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
2. Pendidikan Bahasa Inggris
3. Pendidikan Bahasa Mandarin
4. Pendidikan Bimbingan Dan Konseling
5. Pendidikan Biologi
6. Pendidikan Ekonomi
7. Pendidikan Fisika

PAUD

1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
2. Pendidikan Jasmani Kes & Rekreasi
3. Pendidikan Kimia
4. Pendidikan Matematika
5. Pendidikan Seni Tari Dan Musik
6. Pendidikan Sosiologi
7. Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
8. Pendidikan Sejarah
9. Pendidikan Geografi
10. Pendidikan Kepelatihan Olahraga
11. Pendidikan IPS
8 MIPA 1. Biologi
2. Fisika
3. Geofisika
4. Ilmu Kelautan
5. Kimia
6. Matematika
7. Sistem Komputer
8. Statistik
9. Sistem Informasi
9 Kedokteran 1. Farmasi
2. Pendidikan Dokter
3. Ilmu Keperawatan
 


Upaya penting yang dilakukan UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University, diantaranya :

1. E-learning

 

E-Learning Merupakan salahsatu syarat untuk terbentuknya Cyber University, E-learning sendiri ialah system belajar yang berbasis online, Pada kondisi saat ini (Pandemi Covid-19) E-learning adalah salahsatu alternatif yang bisa digunakan oleh institusi pendidikan agar proses belajar mengajar tetap terjadi, hal ini pun terjadi di UNTAN.

2. UNTAN Gratiskan Pembuatan Website Sekolah dan SIM Sekolah

 

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University nampaknya bukan hanya slogan yang di ucapkan semata, tetapi UNTAN benar-benar membuktikan bahwa mereka siap menuju Cyber University dengan membantu membuat website sekolah dan SIM sekolah secara cuma-cuma alias gratis. Pembuatan website sekolah ini hanya berlaku untuk sekolah-sekolah di Kalimantan Barat yang masih belum memiliki website.

Akhir Kata

Program  E-learning dan Program website gratis untuk sekolah sma di Kalimantan Barat, menurut saya merupakan sebuah dobrakan program yang sangat besar, ini sangat berpengaruh sekali bagi untan, terutama dalam membangun ekosistem digital dan menuju cyber university.

Tingkat keseriusan untan dalam menuju cyber university memang tidak bisa dipandang isapan jempol belaka, banyaknya program yang sudah di lauching merupakan bukti keseriusan untan, mari kita dukung untan dan slogannya “ UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University ” Agar terus berkembang dan tumbuh, tidak menutup kemungkinan jika untan akan menjelma menjadi Cyber University nomor satu diIndonesia.

Sebenarnya masih banyak layanan lain yang telah UNTAN bangun demi menopang misinya “UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University”, seperti : seleksi calon mahasiswa baru online, journal, repository, kepegawaian, perpustakaan, bahasa, alumni, penelitian, dan masih banyak lagi. Mungkin akan saya bahas di lain waktu.


Dodi Insan Kamil
Dodi Insan Kamil 'Aku akan menemukanMu"

Post a Comment for "UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University"

Hosting Unlimited Indonesia