Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Biaya Pembuatan Blog Seperti Dodiinsankamil.id ?


Postingan ini dibuat berdasarkan pertanyaan teman saya dan terinspirasi juga dari postingan blog orang lain, dan semoga dengan adanya postingan ini bisa menjawab pertanyaan teman semua.
Pada kesempatan ini saya akan membahas berapa total biaya yang saya keluarkan untuk pembuatan blog dodiinsankamil.id. Blog ini berdiri atas dasar 3 tiang inti, yaitu Blogger, domain.ID dan Template Premium.

Berikut ini merupakan rincian biaya yang saya keluarkan untuk membangun blog ini:

Blogger

Pada awal mula pembuatan sampai sekarang, blog ini masih menggunakan layanan blog dari blogger.com, dimana layanan ini merupakan layanan blog gratis tanpa biaya sepeserpun. 
Untuk memulai ngeblog di blogger kalian hanya perlu akun google, karena sejatinya blogger.com itu masih anak dari google.

Domain ID

Saya menggunakan Domain ID (dodiinsankamil.id) dari awal mula pembuatan blog ini, harga domain ID berkisar diantara Rp. 200.000 s.d Rp. 250.000 (Belum termasuk PPN 10%).

Domain IDHarga
   Dodiinsankamil.id      Rp. 220.000 / Tahun   

Jika kalian ingin membali domain ID dengan harga yang sama dengan saya, kalian bisa membelinya disini.

Hosting Unlimited Indonesia

Template Premium

Blogger memang menyediakan template bawaan, namun menurut saya template bawaan dari blogger kurang memuaskan, karena harus seting-seting segala rupa termasuk SEO. karena saya tidak mau ribet saya membeli template premiun dari mas sugeng. 

   Template Premium   Harga
ViomagzRp. 195.000 

Saya membeli template dimas sugeng dengan beberapa pertimbangan, diantaranya : Hanya bayar sekali, templatenya selalu update, responsive, dan SEOnya mantep.
Jika kalian tertarik untuk membeli template premium seperti blog ini, kalian bisa membelinya disini

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Total Biaya 

Layanan Harga
   Blogger.com   Gratis
   Dodiinsankamil.id      Rp. 220.000 / Tahun
   Template Premium   Rp. 195.000
Total   Rp. 415.000

Jadi total biaya pertama yang saya keluarkan untuk pembuatan blog ini adalaha Rp. 415.000, sedangkan untuk setiap tahunnya saya hanya perlu memperpanjang domain sebesar Rp. 220.000/Tahun.

Dengan modal segitu apakah sudah balik modal hanya dengan menulis? Jawabannya..... hmm nanti akan saya jawab pada postingan lain.

Hosting Unlimited Indonesia

Akhir Kata

Menulislah hanya dengan menulis kamu akan abadi, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kalian yang mau membuat blog. 

Dodi Insan Kamil
Dodi Insan Kamil "Butuh sebuah keberanian untuk memulai sesuatu, dan butuh jiwa yang kuat untuk menyelesaikannya." - Jessica N.S. Yourko

Post a Comment for "Berapa Biaya Pembuatan Blog Seperti Dodiinsankamil.id ?"