Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Apa itu Cryptocurrency ?

image : hackernoon.com

    Cryptocurrency atau Mata uang kripto merupakan aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol penciptaan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset.

    Mata uang kripto banyak sekali jenisnya namun yang paling populer saat ini ialah Bitcoin, selain bitcoin masih ada ribuan cryptocurrency seperti PlayGame, Ontology, Pundi X, MovieBloc, Litecoin, Chainlink, NEM, XinFin Network, Vexanium, Zcash, Ripple, Monero, Stellar Lumens dan masih banyak lagi. Mata uang kripto menggunakan kontrol yang terdesentralisasi dalam artian siapa saja dapat mengontrol Bitcoin tanpa perlu adanya campur tangan dari pihak manapun, hal ini merupakan bentuk untuk melawan mata uang digital yang terpusat pada sistem sentral perbankan.

    Kontrol desentralisasi dari masing-masing cryptocurrency bekerja melalui teknologi ledger terdistribusi, seperti blockchain, yang berfungsi sebagai basis data transaksi keuangan publik. Bitcoin,pertama kali dirilis sebagai perangkat lunak sumber terbuka pada tahun 2009, umumnya dianggap sebagai mata uang digital terdesentralisasi pertama. Setelah rilisnya bitcoin, lebih dari 4.000 altcoin (varian alternatif bitcoin, atau cryptocurrency lainnya) telah dibuat.


Sumber : Wikipedia

Dodi Insan Kamil
Dodi Insan Kamil "Butuh sebuah keberanian untuk memulai sesuatu, dan butuh jiwa yang kuat untuk menyelesaikannya." - Jessica N.S. Yourko

Post a Comment for "Mengenal Apa itu Cryptocurrency ?"