Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Bulan Ramadhan dari Bulan-bulan Lain

Keutamaan Bulan Ramadhan dari Bulan-bulan Lain

Wah, tak terasa ya tinggal sebentar kita akan bertemu kembali dengan bulan paling mulia, yaitu bulan Ramadhan.

Segudang persiapan pasti sudah Anda lakukan untuk menyambut bulan istimewa ini. Mulai dari persiapan fisik, mental, dan spiritual. Mungkin ada di antara Anda yang bertanya, sebenarnya apa sih keutamaan bulan Ramadhan dari bulan-bulan lain? Mengapa ya kita sebagai umat muslim begitu serius mempersiapkan diri menyongsong kedatangan bulan agung yang satu ini?

Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita simak 4 hal yang menjadi keutamaan bulan Ramadhan dari bulan-bulan lainnya berikut ini.


1. Bulan di mana pintu neraka ditutup

Tak ada lagi bulan selain Ramadhan di mana pintu neraka ditutup dan pintu surga dibuka selebar-lebarnya. Ini berarti, kita sebagai umat Muslim memiliki kesempatan sebesar-besarnya untuk beribadah dan beramal shalih agar mendapatkan pahala di bulan suci ini. Jangan sampai kita melewatkan kesempatan emas ini, sebab belum tentu kita bisa bertemu dengan Ramadhan di tahun depan.


2. Puasa di bulan Ramadhan berarti menunaikan rukun Islam yang ke-4

Sebagai kaum muslimin, ada 5 rukun Islam yang wajib kita patuhi, yaitu:

  • Bersyahadat
  • Shalat
  • Zakat
  • Puasa di bulan Ramadhan
  • Menunaikan ibadah Haji bagi yang mampu

Berpuasa di sini tidak hanya sekadar menahan diri dari lapar dan haus saja, melainkan juga menahan hawa nafsu, seperti amarah. Banyak orang tahan untuk tidak makan dan minum seharian, tetapi gagal dalam menahan emosi. Maka dari itu, penting untuk menjaga kualitas puasa kita dengan menjauhkan diri dari hal-hal yang membatalkan dan mengurangi pahala puasa. Apabila karena sakit kita tidak mampu berpuasa, maka kita bisa menggantinya di lain hari atau membayar fidyah. 


3. Adanya Lailatur Qadr

Lailatul Qadr adalah malam yang lebih mulia dari seribu bulan. Pada malam yang istimewa ini, nilai ibadah setiap Muslim lebih berharga dibanding beribadah selama seribu bulan lamanya. Tidak ada yang tahu kapan tepatnya malam Lailatul Qadr tiba, tetapi yang jelas ada di 10 malam terakhir di bulan Ramadhan. Oleh karena itu, perbanyaklah beribadah di malam-malam tersebut, terutama pada malam ganjil di 10 hari terakhir.


4. Berpuasa dengan niat hanya untuk Allah bisa menghapus dosa kita yang telah lampau

Sebagai manusia, tentu kita tak luput dari perbuatan dosa, baik yang disengaja maupun yang tidak. Adakalanya kita bahkan tak ingat pernah berbuat kesalahan terhadap seseorang, atau menyakiti orang lain. Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu memohon ampunan pada Allah SWT, sebab hanya dengan ampunan-Nya lah dosa-dosa kita dapat diampuni. Salah satu kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT adalah lewat bulan Ramadhan. Apabila kita berpuasa dengan niat hanya untuk mencari keridhoan Allah dengan tulus, maka dosa-dosa yang kita perbuat di masa lalu akan dapat diampuni.

Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW seperti dilansir oleh Imam Al-Bukhari dan Muslim dan diriwayatkan oleh Abu Huraira:

“Siapa pun yang berpuasa Ramadhan karena keimanannya dan dengan harapan untuk mendapatkan pahala (hanya dari Allah), maka dosa-dosanya sebelumnya akan diampuni.”

Oleh karena itu, sekuat tenaga kita harus berusaha meluruskan niat, agar jangan sampai kita melakukan ibadah puasa hanya karena ingin dipuji orang atau niat selain Allah lainnya.


Itu tadi adalah 4 keutamaan Bulan Ramadhan dari bulan-bulan lain. Semoga informasi tadi bisa berguna bagi Anda dan dapat membantu Anda mempersiapkan diri lebih baik dalam menyongsong bulan suci Ramadhan.


***

Source Image: https://pixabay.com/

Dodi Insan Kamil
Dodi Insan Kamil "Jika kamu tidak tahan terhadap penatnya belajar, maka kamu akan menanggung bahayanya kebodohan"

Post a Comment for "Keutamaan Bulan Ramadhan dari Bulan-bulan Lain"