Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Amalan Utama Ibadah di Bulan Ramadhan

 Amalan Utama Ibadah di Bulan Ramadhan

Semakin dekatnya kita bertemu kembali dengan bulan suci Ramadan, tentu makin banyak pertanyaan yang timbul di benak kita, seperti:

“Apakah saya sudah melakukan persiapan spiritual, mental dan fisik untuk beribadah di bulan Ramadhan?”

Tapi Anda tidak perlu kuatir. Anda masih punya cukup waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi bulan suci nanti.

Nah, untuk memudahkan Anda, berikut kami sudah merangkum beberapa amalan utama ibadah di bulan Ramadhan yang bisa menjadi panduan Anda beribadah nantinya.


1. Shalat wajib disertai shalat sunnah

Shalat tidak hanya sekadar gerakan rutin yang kita lakukan untuk setiap waktu, melainkan harus ada unsur khusyu di dalamnya. Oleh karena itu, bila selama ini kita sering terburu-buru menjalankan shalat, di bulan Ramadhan ini cobalah untuk menyisihkan 20-30 menit setiap waktu shalat agar Anda bisa lebih khusyu sekalian juga melakukan salat sunnah rawatib.

Selain itu, lakukan juga shalat-shalat sunnah lainnya seperti Tahajjud dan Dhuha. Anda bisa mulai melakukan kebiasaan ini dari sekarang, agar di bulan Ramadhan nanti telah terbiasa.


2. Shalat Tarawih

Ibadah yang satu ini hanya ada di bulan Ramadhan, maka tentu saja kita harus melakukannya semaksimal mungkin. Momen shalat tarawih juga bisa sekaligus dimanfaatkan sebagai ajang bersilaturahim dengan para tetangga di mesjid.

Selain itu, Shalat Tarawih berjamaah yang dilakukan di mesjid juga memberi kita kesempatan untuk mendengarkan tausiyah yang diberikan oleh khatib. 


3. Mengaji dan mengkaji Al-Quran

Ada perbedaan antara mengaji dengan mengkaji AL-Quran. Mengaji berarti membaca ayat-ayat suci Al-Quran, sedangkan mengkaji berarti mempelajari arti dan makna yang terkandung dalam kitab suci untuk kita amalkan.

Dua hal ini harus kita lakukan sebagai amalan utama ibada di bulan Ramadhan. Tidak cukup hanya mengaji Al-Quran, kita juga harus mengetahui makna yang ada di dalamnya agar kita bisa beribadah sesuai dengan yang telah diperintahkan oleh Allah SWT.


4. Berdzikir dan berdoa

Bulan suci Ramadhan adalah bulan penuh ampunan. Ini adalah saat yang tepat untuk memanjatkan doa sebanyak-banyaknya, sekaligus memohon ampunan pada Allah SWT.

Jangan lupa juga untuk berdzikir baik saat sedang puasa maupun setelah berbuka. Daripada mulut digunakan untuk membicarakan hal yang tak baik seperti bergosip, lebih baik gunakan untuk bertasbih dan beristigfar.


5. Bersedekah

Sejatinya, bersedekah memang bisa dilakukan kapan saja, tak harus menunggu bulan Ramadhan. Tetapi, semua pahala perbuatan baik termasuk sedekah tentu akan berkali lipat nilainya jika dilakukan di bulan Ramadan.

Sedekah tak melulu harus berupa harta. Anda bisa bersedekah pakaian layak pakai, mainan anak, atau buku-buku pelajaran kepada anak yatim. Sekecil apa pun nilai sedekah Anda tak masalah, yang terpenting adalah diiringi niat tulus hanya karena Allah SWT.


6. Itikaf

Bulan Ramadhan juga jadi momen terbaik untuk beritikaf di dalam mesjid, terutama di penghujung Ramadhan untuk mengejar malam Lailatul Qadar. Anda bisa berdzikir, berdoa, shalat sunnah, dan melakukan muhasabah saat Itikaf. 

Beribadah di mesjid tentu suasananya akan berbeda dengan beribadah di rumah. Anda bisa lebih khusyu berdoa mendekatkan diri pada Allah SWT. Kalau pun Anda tidak bisa menghabiskan semalam beritikaf di mesjid, Anda bisa beritikaf beberapa jam saja.

Itulah beberapa amalan utama ibadah di bulan Ramadan yang bisa Anda lakukan. Marilah kita berlomba-lomba melakukan kebaikan dan amalan yang disukai Allah SWT di bulan Ramadan nanti. 


***

Source Image: https://pixabay.com/
Dodi Insan Kamil
Dodi Insan Kamil "Jika kamu tidak tahan terhadap penatnya belajar, maka kamu akan menanggung bahayanya kebodohan"

Post a Comment for " Amalan Utama Ibadah di Bulan Ramadhan"