Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-hal Sederhana yang Membatalkan Puasa

Hal-hal Sederhana yang Membatalkan Puasa

Saat menjalankan ibadah puasa, tentu ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar jangan sampai puasa kita menjadi batal atau tidak sah.

Berhubung sebentar lagi kita akan bertemu dengan bulan suci Ramadhan, mari sejenak mengingatkan diri kembali akan hal-hal sederhana yang dapat membatalkan puasa.


1. Makan dan minum walau sedikit

Tak masalah jika makanan dan minuman yang masuk ke tenggorokan jumlahnya sedikit, hanya sebutir nasi atau setetes air. Apabila ada benda yang masuk ke tenggorokan, maka hal itu dianggap sudah membatalkan puasa.

Hal yang sama juga berlaku saat kita menggosok gigi. Terkadang ada kalanya pasta gigi tertelan sedikit saat kita melakukan aktivitas ini. Maka sedapat mungkin berhati-hatilah saat gosok gigi, agar air dan pasta gigi tidak sampai menyentuh tenggorokan apalagi tertelan.

Lalu bagaimana jika tak sengaja tertelan? Misalnya saat wudhu atau lupa bila sedang puasa? Nah, bila lupa tentu tidak apa-apa. Mohon ampunan Allah SWT dan segera lanjutkan saja ibadah puasa kita.

Bila Anda memiliki penyakit astma dan membutuhkan bantuan inhaler untuk bisa bernafas dengan baik, maka hal itu tidak termasuk perkara yang membatalkan puasa.


2. Menstruasi dan nifas

Bagi kaum wanita, haid bisa jadi perkara yang membatalkan puasa. Walaupun darah menstruasi keluar hanya beberapa menit menjelang adzan Maghrib, maka puasa yang telah ia jalankan seharian dianggap telah batal dan harus diganti di hari lain.

Begitu pula dengan ibu yang baru melaihkan dan mengalami nifas. Mereka harus menunggu sampai masa nifas selesai, baru bisa mengganti puasa Ramadhan di hari lain.


3. Berhubungan suami istri

Salah satu dari hal-hal sederhana yang membatalkan puasa adalah melakukan hubungan suami istri selama waktu berpuasa, dari mulai terbit fajar hingga Maghrib. Hal ini juga termasuk mengeluarkan air mani dengan sengaja di saat puasa. Hubungan suami istri saat bulan Ramadhan bisa dilakukan pada waktu malam hari saat sudah berbuka puasa hingga waktu imsyak.


4. Muntah dengan disengaja

Saat Anda sedang sakit atau masuk angin, biasanya perut akan terasa mual dan ingin muntah. Apakah muntah bisa membatalkan puasa? Jawabannya bisa ya dan tidak.

Apabila Anda muntah karena tidak sengaja, maka hal tersebut tidak akan membatalkan puasa. Anda bisa melanjutkan berpuasa apabila merasa badan masih cukup kuat untuk melakukannya.

Tetapi, apabila Anda muntah karena disengaja, seperti memasukkan jari ke dalam tenggorokan atau dengan dengaja mencium bau-bauan yang membuat Anda merasa mual dan muntah, maka hal tersebut termasuk ke dalam hal-hal sederhana yang membatalkan puasa.

Hal ini juga termasuk bila Anda dengan sengaja menonton video-video yang menjijikkan dan membuat rasa mula hingga Anda jadi muntah. Karena itu, jaga juga mata Anda dari tontonan-tontonan sejenis yang banyak beredar di media sosial.


5. Transfusi Darah

Apabila Anda mengalami luka dan harus mendapatkan transfusi darah, maka hal itu termasuk ke dalam perkara yang bisa membatalkan puasa. Selain transfusi darah, cuci darah juga bisa membatalkan puasa, karena darah yang dikeluarkan akan dimasukkan kembali ke dalam tubuh Anda. 

Perihal penyuntikan, ada beberapa kondisi dimana hal tersebut bisa membatalkan puasa atau tidak. Suntik insulin bagi penderita diabetes tidak membatalkan puasa, sedangkan suntik infus nutrisi bisa membatalkan puasa. 

Nah, itu tadi 5 hal-hal sederhana yang membatalkan puasa. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan lebih baik lagi.


***

Source Image: https://pixabay.com/

Dodi Insan Kamil
Dodi Insan Kamil "Jika kamu tidak tahan terhadap penatnya belajar, maka kamu akan menanggung bahayanya kebodohan"

Post a Comment for "Hal-hal Sederhana yang Membatalkan Puasa"