Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan yang Dianjurkan Untuk Buka Puasa

Makanan yang Dianjurkan Untuk Buka Puasa

Memilih menu makanan saat berbuka puasa tidak bisa sembarangan. Setelah kita berpuasa seharian penuh, tentu kita harus dengan cermat memilih makanan apa yang bisa dikonsumsi agar tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan.

Jadi, sebenarnya apa saja makanan yang dianjurkan untuk buka puasa? Mari kita simak daftarnya berikut ini.


1. Kurma

Sesuai anjuran Rasul, buka puasa Anda dengan memakan 2-3 butir kurma. Buah ini mengandung gula alami dan kaya dengan nutrisi, sehingga akan memberikan tubuh Anda energi yang cukup untuk melanjutkan aktivitas ibadah shalat Maghrib sebelum makan berat.

Setelah seharian berpuasa, tubuh kita memerlukan nutrisi bergizi, terutama kalium yang salah satu fungsinya adalah menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Dan kurma adalah salah satu makanan yang kaya akan kalium. Selain kurma, Anda juga bisa mendapatkan asupan kalium dari kentang, labu, jamur, dan pisang. 


2. Sup

Pernah tidak Anda merasa sangat mengantuk saat sedang shalat Tarawih karena perut sudah terlalu kenyang akibat makan besar setelah Maghrib? Nah, salah satu cara menghindari hal ini adalah dengan memakan makanan yang ringan dulu di antara waktu Shalat Maghrib dan Isya.

Salah satu hidangan yang pas untuk disantap adalah sup. Makanan ini kaya akan air, tetapi cukup mengenyangkan perut Anda sampai tiba waktu makan malam setelah shalat Tarawih nanti. 

Ada banyak pilihan sup yang bisa Anda nikmati, mulai dari sup jagung, sup labu, sup asparagus, sup jamur, sup ayam, sup tomat, dan masih banyak lagi sup lainnya. 


3. Kacang-kacangan

Kalau Anda ingin makan cemilan ringan setelah berbuka puasa, jenis kacang-kacangan seperti almond bisa jadi pilihan terbaik. 

Almond mengandung lemak yang baik bagi tubuh, dan sangat berguna terutama ketika tubuh Anda memerlukan lemak setelah berjam-jam puasa.

Selain itu, bagi Anda yang juga sedang berusaha menurunkan berat badan, almond menjadi pilihan yang tepat karena bisa membuat perut Anda kenyang lebih lama. Jadi, selain untuk berbuka puasa, almond juga cocok dimakan saat sahur.


4. Sayuran

Makanan yang wajib Anda konsumsi selama bulan Ramadhan adalah sayuran. Hal ini karena sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat serta banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, tetapi hanya mengandung sedikit kalori. 

Kalau Anda termasuk orang yang tak terlalu doyan makan sayur, Anda bisa membuatnya menjadi salad dengan dicampur buah-buahan dan salad dressing. Pasti Anda akan lebih semangat deh memakannya.

Atau, Anda juga bisa mengolahnya menjadi gado-gado, lotek, atau karedok lengkap dengan bumbu kacang yang lezat.

Bagi Anda yang lebih suka sentuhan makanan western, Anda bisa memakan wortel dan brokoli kukus, dilengkapi dengan saus jamur atau saus barbecue. Intinya adalah, coba kreasikan masakan agar sayuran tetap ada di dalam menu saat berbuka puasa.


5. Karbohidrat kompleks

Agar tubuh Anda tetap terjaga kebugarannya selama menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, pilihlah jenis karbohidrat kompleks saat berbuka puasa dan sahur. Yang termasuk jenis ini adalah kentang, beras merah, atau roti gandum.

Kenapa harus memilih karbohidrat kompleks?

Karena karbohidrat kompleks menyediakan sumber energi yang lebih stabil dan sarat serat serta mineral. Semua zat ini sangat dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa.

Nah, bagaimana info makanan yang dianjurkan untuk berbuka puasa di atas? Semoga bisa memberikan Anda ide hidangan apa saja yang bisa Anda siapkan saat bulan Ramadhan nanti ya.


***

Source Image: https://pixabay.com/

Dodi Insan Kamil
Dodi Insan Kamil "Jika kamu tidak tahan terhadap penatnya belajar, maka kamu akan menanggung bahayanya kebodohan"

Post a Comment for "Makanan yang Dianjurkan Untuk Buka Puasa"